loading...

Wednesday, May 22, 2019

Tes Koran/ Tes Kraepelin??? Cara Mengerjakan dan Tips Dalam Mengerjakannya Agar Berhasil dan Lolos Seleksi Ujian Tes Psikotes.



Tes koran atau tes kraepelin adalah sebuah tes yang biasa dilakukan sebagai suatu ujian yang harus dilewati sebagai syarat diterimannya seseorang pada suatu lembaga pekerjaan atau suatu sekolah tertentu. Tes koran ini merupakan bagian dari tes psikotes yang beragam macamnya, mulai dari tes hitungan, gambar, dan lain-lain sebagainnya. Dalam mengerjakan tes koran ini memerlukan konsentrasi atau fokus yang tinggi. Dimana dengan memiliki konsentrasi yang tinggi maka dalam pengerjaannyapun akan terasa mudah dan lancar.


Banyak sekali seseorang yang menanyakan mengenai tes koran atau tes Kraepelin ini. Dimana jika seseorang itu belum pernah mengerjakan soal seperti tes koran ini, maka ia akan merasa bingung dan belum terbiasa menghadapinnya. Walupun dalam tes tersebut mungkin sebelumnya telah diberi tahu mengenai cara pengerjaannya, tetapi bilaman orang tersebut baru mengetahuinnya, hal ini menjadikan suatu penghambat keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, mengetahui cara pengerjaan tes koran itu sangatlah bermanfaat. Dimana dengan mengetahuinnya sebelum dilaksanakannya tes, kita dapat berlatih dengan bik di rumah atau sebelum pergi untuk tes.
Biasannya dalam mengerjakan tes kreapelin, kita akan diberikan lembar yang besar yang hanya berisi angka-angka saja. Namun biasannya dengan angka-angka tersebut kadangkala banyak yang merasa bingung dan pusing melihatnnya. Perasaan pusing ini haruslah dihindari untuk tetap menjaga konsentrasi yang kita miliki. Dengan menjaga konsentrasi itu, kita dapat mengerjakan tes Kreapelin ini dengan lancar dan baik.



Cara mengerjakan Tes Koran/ Tes Kraepelin???

(Foto: jakrecords.blogspot.com )


Cara mengerjakan tes koran ini cukuplah mudah, dimana sejak kita sdpun sudah sering di ajari mengenai cara berhitungnnya. Karena tes koran ini hanyalah berisi angka-angka yang harus dijumlahkan. Namun dalam tes koran ini terdapat banyak sekali angka yang harus dikerjakan dengan benar. Contohnnya dapat kita lihat dari gambar di atas, pekerjaannya dilakukan kebawah, bukan ke samping. Jadi misalnnya 3 + 5 = 8 , 5 + 8 = 3. Loh kenapa soal yang kedua jawabannya 3??? Disini kalian jangan bingung, Karena 3 disini artinnya 13. Dimana 5 + 8 itu 13. Hanya saja kita mengambil angka terakhirnnya saja yaitu 3. Oleh karena itu jika soalnnya 4 dan 6, artinnya soal itu 4 = 6 = 10. Karena jawabannya dua angka, kita hanya mengambil angka akhirnnya saja yaitu 0. Nah bagaimana? Gampangkan mengerjakan tes koran ini??. Iya gampang hanya saja kita harus tentap fokus dan sebisa mungkin bergerak cepat tetapi benar. Dimana biasannya jika waktu telah habis, soal yang sedang dikerjakan itu tidak dapat diteruskan lagi. Melainkan kita akan beralih soal ke soal lainnya. Perlu diingat pula jika kita melakukan kecurangan dan diketahui oleh penjaga tesnnya, biasannya kita akan di diskualifikasi atau dikeluarkan.




Setelah mengetahui bagaimana cara mengerjakan tes koran atau tes Kraepelin ini. Saya juga memiliki beberapa tips dalam mengerjakan tesnnya. Tips-tip tersebut adalah sebgai berikut:
1.      Berdoa sebelum tes dimulai

Berdoa kepada Allah tentulah hal yang baik yang dapat membantu menenangkan hati kita. Dimana dengan berdoa kita dapat berserah diri kepada Allah mengenai hasil dan kelancaran yang dapat kita raih dalam tes yang dilakukan tersebut. Hal ini tentu merupakan hal yang positif dari pada kita berbicara atau mengobrol bersama teman dengan tema perbincangan yang tidak jelas adannya.

2.  Tetap fokus atau konsentrasi
Untuk menjaga konsentrasi, seharusnnya kita jangan mengalihkan pikiran kita terhadap hal-hal yang kosong atau kurang penting. Dimana jika kita mengalihkan pikiran kita terhadap hal-hal yang kosong, konsentrasi kita kadangkala terganggu. Mengalihkan pikiran disini juga artinnya kita jangan membicarakan hal-hal yang lain dulu dengan teman atau yang lainnya dengan jangka waktu yang lama. Namun disini, bukan berarti tidak boleh berbicara, kita boleh berbicara tetapi kita seharusnnya tetap menjaga konsentrasi itu dengan berbicara mengenai tes yang akan dilakukan. Seperti misalnnya membahas soal-soal sebelum tes dilakukan, dan lain-lain sebagainnya.

3.      Menjaga kesehatan dengan baik
Dalam mengerjakan tes, tentunnya kita harus memiliki kondisi yang baik. Karena dengan kondisi yang baik, kita akan semangat dan tetap kuat dalam menahan kondisi tubuh kita saat mengerjakan tes. Dimana, mengerjkan tes psikotes itu biasannya berjam-jam yang dapat membuat perut kita merasa lapar. Dengan perasaan tersebut, tentulah konsentrasi kitapun akan hilang.

4.      Mempersiapkan segala alat-alat yang dibutuhkan dalam pengerjaan soal
Mempersiapkan berbagain alat yang dapat dibutuhkan ketika pengerjaan tes jugalah penting. Dimana misalnnya jika kita telah menyerut pensil kita sebelum tes, tentunnya hal ini akan sedikit membantu dalam pengerjaan soalnnya. Karena dengan hal itu kita  akan lancar dalam pengerjaannya. Alat-alat yang biasannya dibutuhkan ketika melakukan tes psikotes biasnnya alat tulis seperti biasa yaitu, pensil, pulpen, penghapus, pengserut, penggaris, dan lain-lain sebagainnya sesuai kebutuhan masing-masing.

5.      Raihlah grafik peningkatan yang baik
Dalam tes koran, biasannya kita diberi beberapa kali tes. Tes tes tersebut diharapkan dapat memiliki suatu peningkatan dari tes-tes sebelumnnya. Misalnnya saja ketika tes koran pertama kita dapat menyelesaikan 5 jajar, tes koran kedua kita dapat menyelesaikan 6 jajar, tes koran ke tiga kita dapat menyelesaikan 7 jajar. Hal yang meningkat seperti ii akan dijadikan suatu nilai tambah atau pertimbangan mengenai tingkat konsentrasi kita yang masih stabil atau baik. Sehingga jika diawal bagus tetapi diakhir sangatlah jelak karena sudah lelah mengerjakannya, hal ini akan dipertimbangkan lagi kelulusannya.

6.      Buatlah patokan-patokan hasil dari setiap tes koran yang dikerjakan
Cara membuat patokan tentunnya berasal dari diri kita masing-masing sesuai kemampuan yang dimiliki. Patokan disini tidak jauh artinnya dengan harus meraih grafik yang meningkat. Dimana patokan yang baik adalah dimulai dati bawah dan secara berlanjut terus meningkat. Jika kita mengerjakan tes koran yang pertama dengan hasil yang sempurna tetapi tes koran yang kedua tidak sempurna, hal ini sangatlah patal.

7.      Jangan berpikir dapat berbuat curang
Kecurangan berasal dari godaan-godaan akibat diri kita yang tidak yakin. Godaan-godaan itu haruslah di hindari, karena jika kita curang saja hal ini dapat memperlambat kita dalam pengerjaan soalnnya. Misalnnya yang seharusnnya kita dapat meneylesaikan 6 jajar, kita jadi hanya bisa menyelesaikan 5 jajar. Hal ini mungkin dapat merugikan diri sendiri, yang membuat tes koran kamu dapat dinyatakan tidak lulus.


Dari berbagai tips-tips diatas, saya mengharapkan semua orang yang akan melakukan tes koran dapat melakukannya dengan baik, dan dapat mendapat hasil yang memuaskan. Cukup sekian tips atau informasi yang dapat saya sampaikan.

Terimaksih....

No comments:

Post a Comment

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...