loading...

Saturday, May 25, 2019

PRAMUKA SIAGA (Bentuk Permainan- Permainan Seru dan Mudah yang Harus (Wajib) Dicoba Para Pramuka Siaga [Umur Tujuh Hingga Sepuluh Tahun] )



Pramuka merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan oleh setiap siswa disekolahnnya masing-masing. Dimana kegiatan pramuka ini biasannya ditetapkan sebagai sebuah ekstrakulikuler wajib yang ada disekolah. Dengan adannya kegiatan pramuka ini setiap siswa diharapkan dapat lebih mandiri dan kreatif dalam menunjang berbagai kegiatan-kegiatan yang akan dialami didalam kemasyarakatan. Dalam kegiatan pramuka tentunnya terdapat berbagai aturan untuk menjalani kegiatannya, tak terkecuali dengan berbagai permainannya juga. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa bentuk permainan pramuka siaga.  Berbagai permainan pramuka dibawah ini mungkin pernah kalian alami, ataupun kalian baru akan mengalaminya. Tetapi yang paling terpenting bermain permainan pramuka siaga ini tentulah seru dan akan memberikan suatu kesan lebih dekat terhadap sesamannya. Oleh karena itu jika kalian belum pernah mengalaminnya tentunnya sangat disayangkan, karena kalian belum pernah menikmati masa masannya bersenag-senang bersama teman-teman siaga kalian ketika melakukan permainan pramuka siaga.  Berikut ini adalah bentuk-bentuk permainan pramuka siaga:





(Foto : jakrecords.blogspot.com )

A. Si Buta dari Negeri Tunjuk
Cara melakukan permainan si Buta dari Negeri Tunjuk adalah sebagai berikut:
1.Para pemaian siaga membentuk lingkaran dengan saling bergenggaman tangan antara yang satu dengan yang lain.
2. Ditengah  lingkaran tersebut, terdapat seorang siaga yang menutup matannya dengan kain. Dimana penutupan kain tersebut dilakukan agar seolah-olah seorang siaga tersebut menjadi sibuta.
3. Saat sibuta dikelilingi oleh teman-teman siagannya, ia harus menirukan atau memainkan suara hewan. Suara hewan tersebut misalnnya suara ayam, anjing, kucing, kambing, harimau, burung, bebek, tikus, dan hewan-hewan lainnya.
4. Setelah sibuta menirukan atau memainkan sebuah suara hewan, teman-teman siaga yang memutarinnya haruslah menirukan dan memeragakan suara yang telah dimainkan oleh sibuta.
5. Setelah teman-teman siaga yang memutarinnya menirukan suara yang telah dimainkan oleh sibuta. Disinilah sibuta harus menangkap teman siagannya itu. Dimana ketika sibuta berhasil menangkap teman siagannya itu, sibuta harus menerka nama teman siagannya itu dengan benar.
6. Selanjutnnya jika sibuta berhasil atau tepat dalam menebak nama temannya tersebut. Tentulah teman yang ditebak namannya itu haruslah menjadi sibuta. Hingga disinilah yang awalnnya disebut sibuta dapat menjadi siaga biasa, dan teman yang berhasil ditebak namannya itu haruslah menjadi sibuta. Namun dari hal tersebut, jika sibuta salah mengungkapkan nama teman siagannya tersebut, sibuta harus tetap menjadi sibuta dan tidak boleh berganti.






B. Sang Surya
Cara melakukan permainan sang surya sebagai permainan pramuka siaga adalah sebagai berikut:
1. Pada permainan kali ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah membentuk lingkaran.
2. Selanjutnnya diluar lingkaran tersebut buatlah lingkaran yang di tengahnya terdapat huruf U (Utara), buatlah lingkaran lain yang ditengahnya terdapat huruf T (Timur), Begitu juga untuk huruf S (Selatan), dan B  (Barat). Membuat huruf-huruf tersebut dapat digunakan dengan menggunakan tali atau kapur yang agak besar dan membentuk beberapa huruf tersebut.
3. Selanjutnnya pada permainan ini terdapat seorang bunda atau yanda sebagai pemberi aba- aba. Dimana seorang Bunda atau yanda ini akan berseru berbagai kalimat. Misalnnya saja jika ia berkata “Jam enam pagi!” Segeralah siaga yang membentuk lingkaran bubar berlari masuk kelingkaran dengan tanda huruf T (Timur) yang bertanda tempat matahari terbit.
4. Jika Yanda atau Bunda berseru “Jam dua belas siang”, segeralah siaga masuk kedalam lingkaran U (Utara).
5. Jika Yanda atau Bunda berseru “Enam sore!”, segeralah para siaga berlari masuk kedalam lingkaran B (Barat).
6. Jika Yanda atau Bunda berseru “ Dua belas malam!”, segeralah siaga berlari masuk kedalam lingkaran S (Selatan).
7. Dari berbagai peraturan tersebut, jika para siaga salah memasuki lingkaran yang telah ditetapkan, maka yang salah masuk tersebut haruslah dikenakan hukuman. Hukuman tersebut bisa berupa bernyanyi, berpuisi, menari, atau hukuman lainnnya yang bersifat mendidik.


C. Anjing dan Makanannya
Cara melakukan permainan Anjing dan makannannya adalah sebagai berikut:
1. Pertama buatlah lingkaran yang ukuran atau diameternnya kurang lebih lima hingga tujuh langkah.
2. Selanjutnnya ditengah lingkaran tersebut ada tiga siaga yang menjadi penjga makanan. Ketiga penjaga didalam lingkaran tersebut masing-masing haruslah membawa senjata kayu.
3. Diluar lingkaran terdapat empat orang siaga yang siap untuk menjadi pencuri makanan.
4. Keempat siaga tersebut harus berusaha mengambil makanan yang dijaga oleh 3 orang siaga yang sedang mengayun ngayunkan kayu untuk memukul keempat siaga yang ada diluar.
5. Jika salah satu diantara empat pencuri kena pukulan dari penjaga siaga yang berada didalam. Maka siaga yang kena pukulan tersebut haruslah dihukum. Hukuman tersebut seperti menyanyi, berpuisi, berpidato dan lain-lain sebagainnya.




Itulah tiga permainan pramuka siaga yang harus kalian coba untuk menambah pengalaman kalian dalam melakukan kegiatan pramuka siaga. Semoga beberapa contoh permainan pramuka siaga diatas dapat dimengerti dan dipahami dengan baik sehingga dapat melakukan permainannnya dengan baik. Cukup sekian postingan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, Terimakasih............................

3 comments:

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...