Pramuka merupakan suatu kegiatan yang biasa
dilakukan oleh setiap siswa disekolahnnya masing-masing. Dimana kegiatan
pramuka ini biasannya ditetapkan sebagai sebuah ekstrakulikuler wajib yang ada
disekolah. Dengan adannya kegiatan pramuka ini setiap siswa diharapkan dapat
lebih mandiri dan kreatif dalam menunjang berbagai kegiatan-kegiatan yang akan
dialami didalam kemasyarakatan. Dalam kegiatan pramuka tentunnya terdapat
berbagai aturan untuk menjalani kegiatannya, tak terkecuali dengan berbagai
permainannya juga. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa
bentuk permainan pramuka siaga. Berbagai
permainan pramuka dibawah ini mungkin pernah kalian alami, ataupun kalian baru
akan mengalaminya. Tetapi yang paling terpenting bermain permainan pramuka
siaga ini tentulah seru dan akan memberikan suatu kesan lebih dekat terhadap
sesamannya. Oleh karena itu jika kalian belum pernah mengalaminnya tentunnya
sangat disayangkan, karena kalian belum pernah menikmati masa masannya
bersenag-senang bersama teman-teman siaga kalian ketika melakukan permainan
pramuka siaga. Berikut ini adalah
bentuk-bentuk permainan pramuka siaga:
A. Si Buta dari Negeri Tunjuk
Cara melakukan permainan si Buta dari Negeri Tunjuk
adalah sebagai berikut:
1.Para pemaian siaga membentuk lingkaran dengan saling
bergenggaman tangan antara yang satu dengan yang lain.
2. Ditengah
lingkaran tersebut, terdapat seorang siaga yang menutup matannya dengan
kain. Dimana penutupan kain tersebut dilakukan agar seolah-olah seorang siaga
tersebut menjadi sibuta.
3. Saat sibuta dikelilingi oleh teman-teman siagannya,
ia harus menirukan atau memainkan suara hewan. Suara hewan tersebut misalnnya
suara ayam, anjing, kucing, kambing, harimau, burung, bebek, tikus, dan
hewan-hewan lainnya.
4. Setelah sibuta menirukan atau memainkan sebuah suara
hewan, teman-teman siaga yang memutarinnya haruslah menirukan dan memeragakan
suara yang telah dimainkan oleh sibuta.
5. Setelah teman-teman siaga yang memutarinnya
menirukan suara yang telah dimainkan oleh sibuta. Disinilah sibuta harus
menangkap teman siagannya itu. Dimana ketika sibuta berhasil menangkap teman
siagannya itu, sibuta harus menerka nama teman siagannya itu dengan benar.
6. Selanjutnnya jika sibuta berhasil atau tepat dalam
menebak nama temannya tersebut. Tentulah teman yang ditebak namannya itu
haruslah menjadi sibuta. Hingga disinilah yang awalnnya disebut sibuta dapat
menjadi siaga biasa, dan teman yang berhasil ditebak namannya itu haruslah
menjadi sibuta. Namun dari hal tersebut, jika sibuta salah mengungkapkan nama
teman siagannya tersebut, sibuta harus tetap menjadi sibuta dan tidak boleh
berganti.
B. Sang Surya
Cara melakukan permainan sang surya sebagai
permainan pramuka siaga adalah sebagai berikut:
1. Pada permainan kali ini langkah pertama yang harus
dilakukan adalah membentuk lingkaran.
2. Selanjutnnya diluar lingkaran tersebut buatlah
lingkaran yang di tengahnya terdapat huruf U (Utara), buatlah lingkaran lain
yang ditengahnya terdapat huruf T (Timur), Begitu juga untuk huruf S (Selatan),
dan B (Barat). Membuat huruf-huruf
tersebut dapat digunakan dengan menggunakan tali atau kapur yang agak besar dan
membentuk beberapa huruf tersebut.
3. Selanjutnnya pada permainan ini terdapat seorang
bunda atau yanda sebagai pemberi aba- aba. Dimana seorang Bunda atau yanda ini
akan berseru berbagai kalimat. Misalnnya saja jika ia berkata “Jam enam pagi!”
Segeralah siaga yang membentuk lingkaran bubar berlari masuk kelingkaran dengan
tanda huruf T (Timur) yang bertanda tempat matahari terbit.
4. Jika Yanda atau Bunda berseru “Jam dua belas siang”,
segeralah siaga masuk kedalam lingkaran U (Utara).
5. Jika Yanda atau Bunda berseru “Enam sore!”,
segeralah para siaga berlari masuk kedalam lingkaran B (Barat).
6. Jika Yanda atau Bunda berseru “ Dua belas malam!”,
segeralah siaga berlari masuk kedalam lingkaran S (Selatan).
7. Dari berbagai peraturan tersebut, jika para siaga
salah memasuki lingkaran yang telah ditetapkan, maka yang salah masuk tersebut
haruslah dikenakan hukuman. Hukuman tersebut bisa berupa bernyanyi, berpuisi,
menari, atau hukuman lainnnya yang bersifat mendidik.
C. Anjing dan Makanannya
Cara melakukan permainan Anjing dan makannannya
adalah sebagai berikut:
1. Pertama buatlah lingkaran yang ukuran atau
diameternnya kurang lebih lima hingga tujuh langkah.
2. Selanjutnnya ditengah lingkaran tersebut ada tiga
siaga yang menjadi penjga makanan. Ketiga penjaga didalam lingkaran tersebut
masing-masing haruslah membawa senjata kayu.
3. Diluar lingkaran terdapat empat orang siaga yang
siap untuk menjadi pencuri makanan.
4. Keempat siaga tersebut harus berusaha mengambil
makanan yang dijaga oleh 3 orang siaga yang sedang mengayun ngayunkan kayu
untuk memukul keempat siaga yang ada diluar.
5. Jika salah satu diantara empat pencuri kena pukulan
dari penjaga siaga yang berada didalam. Maka siaga yang kena pukulan tersebut
haruslah dihukum. Hukuman tersebut seperti menyanyi, berpuisi, berpidato dan
lain-lain sebagainnya.
Itulah tiga permainan pramuka siaga yang harus
kalian coba untuk menambah pengalaman kalian dalam melakukan kegiatan pramuka
siaga. Semoga beberapa contoh permainan pramuka siaga diatas dapat dimengerti
dan dipahami dengan baik sehingga dapat melakukan permainannnya dengan baik.
Cukup sekian postingan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini,
Terimakasih............................
Terimakasih infonya,..
ReplyDeleteMakasih gan infonya lumayan berguna....
ReplyDelete👍😉
Delete