loading...

Friday, May 31, 2019

Beberapa Perbedaan Mendasar Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi Yang Harus Anda Ketahui.



Pertumbuhan ekonomi adalah suatu kondisi dimana terjadi adannya suatu peningkatan prosuk domestik bruto dari suatu negara atau dari suatu daerah. Sedangkan pembangunan ekonomi adalah suatu proses atau tahap dalam ranka meningkatkan produk domestik bruto pada suatu negara atau daerah. Daeri kedua definisi tersebut kita dapat menegtahui jika pertumbuhan dan pembangunan ekonomi  itu berbeda.  Dimana jika pertumbuhan itu artinnya telah adannya suatu perubahan yang nyata, sedangkan pembangunan lebih terkait pada adannya suatu usaha untuk meningkatkan produk domestik bruto. Berbicara mengenai Produk Domestik Bruto (PDB), perlu anda ketahui jika Produk Domestik Bruto (PDB) ini merupakan istilah lain dari Pendapatan Nasional. Dimana pendapatan nasional ini berlaku secara keseluruhan atau total.




 
(Foto : jakrecords.blogspot.com )


Sesuai pada judul pada postingan blog kali ini. Saya akan menjelaskan menyebutkan beberapa perbedaan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Berikut saya tuliskan apa yang menjadi perbedaan antara pertumbuhan dan permbangunan ekonomi tersebut:

1. Perbedaan pertama terletak pada pertumbuhan ekonomi yang kenaikan jumlah GNP (Gross National Product )nya dari tahun ketahun tidak memperhatikan mengenai persentase kenaikannya. Hal ini sangat berbeda dengan pembangunan ekonomi, karena pembangunan ekonomi selalu memperhatikan kenaikan jumlah GNP dari tahun  ke tahun yang lebih besar dari pada persentase jumlah penduduknnya. Sehingga dapat dikatakan jika hal ini menjadi perbedaan mendasar yang sangat terlihat kebenarannya.

2. Perbedaan yang selanjutnnya terletak pada pertumbuhan ekonomi, yang dimana jika terjadi kenaikan GNP tidak disertai perubahan struktur ekonomi dan perkembangan IPTEK. Berbeda dengan pembangunan ekonomi yang harus disertai dengan adannya perubahan struktur ekonomi dan adannya perkembangan IPTEK bilamana telah adannya pembaharuan seperti kenaikan GNP.



3. Perbedaan selanjutnnya terletak pada adannya pengikutsertaan kemakmuran masyarakat dan distribusi pendapatan. Dimana pada pertubuhan ekonomi hal ini tidak di ikut sertakan, berbeda halnnya dengan pembangunan ekonomi yang mengikutsertakan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan distribusi pendapatan.

4. Perbedaan yang terakhir terletak pada penekanan pada setiap tujuannya masing-masing. Dimana untuk pertumbuhan ekonomi lebih menekankan pada adannya peningkatan pendapatan per kapita. Bedahalnya dengan pembangunan ekonomi yang lebih menekankan peningkatannya terjadi pada kemakmuran masyarakatnnya.





Cukup sekian postingan yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas kekurang pahaman atau kekurang lengkapannya, karena saya menyadari sepenuhnnya jika postingan ini kurang lengkap. Akan tetapi waktu mendatang semoga saya dapat meng update isi dari postingan ini.
Terimakasih......................

No comments:

Post a Comment

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...