loading...

Monday, May 6, 2019

DEFINISI, CIRI-CIRI (INDIKATOR), CONTOH NEGARA BERKEMBANG [PELAJARAN GEOGRAFI KELAS 12].


Negara berkembang adalah suatu negara yang memiliki suatu potensi untuk berkembang dan dapat melakukan berbagai usaha atau upaya dengan maksimal. Potensi tersebut merupakan suatu kelebihan yang berasal dari suatu usaha untuk meningkatkan keadaan suatu negara menjadi lebih berkembang. Keadaan tersebut seharusnnya meliputi semua aspek agar segala sesuatunnya seimbang mengarah pada perkembangan. Dimana mulai dari aspek ekonomi, sosial, teknologi dan lain-lainnya harus selalu diperhatikan dengan baik. Perhatian yang baik menunjukkan adannya suatu kepedulian dan kesadaran untuk berkembang bahkan maju.




(FOTO : jakrecords.blogspot.com )

Negara berkembang dapat dikatakan sebagai suatu negara yang belum berkembang tetapi sedang berusaha membangun kondisi untuk menjadi lebih baik lagi. Mengenai negara berkembang ini berbagai ahlipun memiliki pendapatnnya masing-masing. Berikut merupakan contoh pendapat para ahli mengenai negara berkembang:
1.Ragnar Nurkse
Negara berkembang adalah suatu negara yang sedang membangun jika dibandingkan dengan negara-negara yang ekonominya yang lebih maju. Negara yang demikian memiliki sedikit modal di bandingkan dengan jumlah penduduk dan sumber-sumber alamiahnya.  
2.Harvey Leibenstein
Negara berkembang adalah suatu negara yang sumber-sumber ekonomi,penduduk,teknologi, dan sebagainya dapat berubah tetapi pendapatan per kapitanya agak stabil.


Dari kedua pendapat tersebut kita dapat mengetahui jika setiap orang memiliki pendapatnnya masing-masing tergantug pada dirinnya masing-masing. Disamping definisi-definisi negara berkembang, terdapat pula istilah negara tidak berkembang (Underdeveloped country) dan juga negara kurang berkambang (Least developed country). Suatu negara dapat dikatakan sebagai suatu negara yang tidak berkembang karena negara tersebut tidak memiliki potensi untuk berkembang. Lain halnnya dengan negara yang kurang berkemabang, suatu negara dapat dikatakan kurang berkembang bilamana negara tersebut sebenarnnya memiliki berbagai potensi untuk berkembang, tetapi berbagai usaha yang dilakukannya belum maksimal. Sehingga dari hal ini hasil yang didapatkanpun tidak sesuai dengan apa yang telah diharapkan. 
Contoh suatu negara berkembang yang dikelompokkan pada aspek ekonomi, dapat dilihat dari kondisi perekonomian negarannya. Misalnnya dari tingkat pengangguran suatu negara yang tinggi. Dimana jika suatu negara memiliki lapangan kerja serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDm) yang masih lemah atau sedikit, hali ini dapat dikatakan sebagai negara berkembang. Dimana di berbagai negara berkembang masih dapat ditemui berbagai keluarga yang kirang sejahtera. Berkaitan dengan hal ini pula N. Daldjoeni memberikan indikator untuk negara berkembang adalah sebagai berikut:
·         Sebagaian besar penduduk (lebih dari 70%) bermata pencaharian disektor pertanian
·         Pada sektor industrinnya, biasannya berlatar belakang agraris, terutama memanfaatkan hasil kehutanan, pertanian, dan perikanan.
·         Mekanisme pertanian lebih banyak memanfaatkan tenaga manusia sebagai pengolahnya, artinnya masih sedikit menggunakan alat-alat bantu mekanik.
·         Luas lahan garapan relatif sempit, teknologinnya tradisional-primitif, dan hasilnnya pun masih relatif sedikit.
·         Pendapatan perkapita rendah sehingga tidak ada tabungan untuk usaha lain dan masa depan.
·         Angka kelahiran dan kematian masih tinggi, berarti pelayanan kesehatan masih tergolong langha atau mahal.
·         Pendidikan formal masih kurang merata sehingga angka buta huruf masih jadi persoalan serius.
·    Diwilayah pedesaan maupun perkotaan masih terjadi kepadatan penduduk sehingga proporsi prasarana pelayanan sosial tidak mencukupi.
·         Pangan masih kurang mengandung kadar protein, kondisi ini akan merugikan kesehatan dan perkembangan kecerdasan anak-anak bangsa.
(Sumber inikator diatas didapat melalui buku paket Geografi kelas 12 Yrama Widya)



Dari indikator-indikator tersebut kita dapat mengetahui ciri-ciri dari suatu negara berkembang. Dimana contoh negara berkembang didunia misalnya adalah sebagai berikut:
1.      Ukrania (Eropa)
2.      Kosovo (Eropa)
3.      Romania (Eropa)
4.      Indonesia (Asia)
5.      Bhutan (Asia)
6.      Tajikistan (Asia)
7.      Grenada (Amerika)
8.      Bahama (Amerika)
9.      Kosta Rika (Amerika)
10.  Benin (Afrika)
11.  Komoro (Afrika)
12.  Ghana (Afrika)
13.  Samoa (Australia  dan Oceania)
14.  Tonga (Australia dan Oceania)
15.  Tuvalu (Australia dan Oceania)

Itulah berbagai contoh negara berkembang yang ada di dunia. Mulai dari Eropa hingga australia dan Oceania. Cukup sekian isi postingan yang dapat saya sampaika, Terimakasih dan semoga membantu.......................


2 comments:

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...