loading...

Tuesday, May 7, 2019

Materi Kerajaan Kutai Martadipura Mulai Dari Awal Di Bentuknnya Hingga Keruntuhan dan Peninggalannya (Pelajaran Sejarah Indonesia)



Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai atau yang dapat disebut juga Kerajaan Kutai Martadipura merupakan sebuah kerajaan Hindu di Nusantara yang berdiri sejak abad ke-4 Masehi. Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang berada di Muara Kaman, Kalimantan timur. Pembentuk kerajaan ini adalah Maharaja Kundunga, namun diduga beliau belum menganut agama Hindu.



(Foto: jakrecords.blogspot.com )


Peninggalan yang sangat penting pada kerajaan ini terletak pada adannya tujuh Prasasti Yupa. Prasasti Kutai ini disebut juga Prasasti Mulawarman. Dari ketujuh prasasti yang ada, hanya empat prasastilah yang dapat dibaca dan diterjemahkan. Dimana diketahui jika Prasasti Yupa tersebut menggunakan huruf Pallawa dan Bahasa Sansakerta. Bentuk Prasasti Yupa ini seperti suatu tiang yang dapat digunakan untuk mengikat hewan-hewan kurban. Dari semua Prasasti-prasasti tersebut terdapat suatu prasasti yang setelah diterjemahkan menyatakan bahwa “Maharaja Kundunga mempunyai seorang putra bernama Asmawarman yang disamakan dengan Ansuman (Dewa Matahari). Asmawarman mempunyai tiga orang putra, yang paling terkemuka adalah Mulawarman.”

Raja pertama kerajaan Kutai adalah Kudunga yang mempunyai gelar Anumerta Dewawarman. Sebelum beliau menjadi seorang raja pada kerajaan Kiutai yang ia bentuk. Dahulu ia merupakan seorang kepala suku, tetapi lambat laun akibat adannya pengaruh Hindu-Buddha, ia mulai mengubah struktur pemerintahannya menjadi kerajaan dan segera membentuk kerajaan Kutai. Maharaja Kudunga memiliki putra yang bernama Aswawarman. Dimana selanjutnnya Awawarman merupakan seorang raja yang juga dikatakan sebagai raja yang cakap dan kuat. Pada pemerintahannya ini ia mengadakan upacara Asmaedha. Upacara itu menandakan adannya suatu pembatasan yang menentukan batasan Kerajaan Kutai dengan wilayah lainnya. Dengan adannya upacara ini membuktikan jika pada pemerintahan Aswawarman terjadi adannya perluasan untuk kerajaan Kutai.






Selanjutnnya Aswawarman digantikan oleh anaknya yang bernama Mulawarman. Anak dari Aswawarman ini terkenal sebagai raja yang menjadikan pemerintahannya sebagai pemerintahan terbesar. Dimana pada masa raja inilah Kerajaan Kutai dapat dikatakan sebagai puncak kejayaan dari Kerajaan Kutai. Pada masa ini juga lah rakyat merasa tentram dan damai. Hal ini merupakan suatu hal yang harus diketahui, karena dengan adannya masa Mulawarman pada waktu itu para rakyat dapat merasakan hidup yang tentram. Setelah masa pemerintahan Mulawarman berakhir akhirnnya digantikan oleh raja-raja lainnya seperti Irwansyah, Warman, Gajayawarman, Tungga Warman, dan lain-lain sebagainya.

Semua raja-raja yang pernah menjadi pemimpin kerajaan Kutai tentunnya pernah memegang peranan yang penting dalam mengurusi kerajaan, bahkan para raja juga berperan untuk kehidupan rakyat. Dengan adannya sistem pemerintahan juga rakyat dapat melakukan berbagai perdagangan bahkan hingga mencapai perdagangan internasional. Hal inilah yang dijadikan sebagai suatu mata pencaharian rakyat untuk mempertahankan dan melangsungkan hidupnya.
Runtuhnnya kerajaan Kutai ini terjadi ketika adannya suatu perlawanan yang menyebabkan gugurnnya Maharaja Dharma Setia. Dimana beliau mencoba melawan Aji Pangeran Sinum Panji (Raja Kutai Kartenegara). Kedua orang tersebut merupakan raja-raja yang berasal dari kerajaan yang berbeda. Perlwanan ini terjadi pada abad ke-16, dimana dapat dikatakan jika perlawanan ini terjadi pada kerajaan Kutai dengan kerajaan Kutai Kertanegara. Dengan runtuhnnya kerajaan Kutai tersebutpun menyisakan berbagai peninggalan yang dapat ditemukan, contohnnya seperti Prasasti Yupa, Ketopong Sultan, Kalung Ciwa, Kalung Uncal, Kura-kura emas, Pedang Sultan Kutai, Tali Juwita dan lain-lain sebagainnya.


Cukup sekian postingan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi para pembacannya.
Terimakasih.......................

No comments:

Post a Comment

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...