loading...

Thursday, May 23, 2019

Informasi Untuk Mengetahui Bagaimanakah Cara Menghitung Berat badan Ideal (Beserta Contohnnya) dan Tips untuk mendapatkan Berat Badan Ideal Dengan Baik dan Mudah.



Berat badan adalah besaran berat yang terdapat pada seluruh tubuh anda. Dengan menggunakan timbangan kalian dapat mengetahui seberapa besar berat badan yang terjadi pada tubuh anda. Berbicara mengenai hal tersebut, banyak juga yang merasa kurang percaya diri bilamana berat badannya terlalu besar. Dengan berat badan tersebut orang-orang mencari tahu segala macamnya agar dapat menurunkan berat badannya menjadi turun hingga ideal. Untuk mencapai tubuh yang ideal tentunnya harus adannya kesesuaian antara tinggi badan dengan berat badan yang dimiliki oleh seseorang. Karena bila seseorang sangat tinggi tetapi berat badannya sangatlah rendah, dapat dikatakan orang tersebut kekurangan gizi atau kesehatannya terganggu. Agar tubuh anda menjadi ideal, anda harus mengetahui tips agar dapat mendapatkan berat badan yang ideal, yang didapatkan secara alami. 



(Foto : jakrecords.blogspot.com )

Sebelum mengetahui berbagai tips untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Sudah barang tentu kita harus mengetahui bagaimana dan berapakah cara menghitung berat badan yang ideal atau dapat dikatakan seimbang dengan menggunakan rumus yang mudah. Berikut ini berbagai cara  perhitungannya:

1. Cara menghitung Berat badan ideal Bayi usia 0-12 bulan dengan mudah
Berat badan ideal bayi = (umur (0-12) : 2) + 4

Contoh: Terdapat seorang bayi yang masih berumur 6 bulan dan memiliki berat badan sebesar 8 kilogram. Apakah berat badan bayi tersebut sudah ideal?
Jawaban: (6 : 2) + 4 = 3 + 4 = 8 Kilogram
“artinnya berat badan bayi tersebut sudah dapat dikatakan ideal dan dapat terbilang sehat”



2. Cara menghitung Berat badan ideal anak usia 1 – 10 tahun dengan mudah
Berat badan ideal anak = 2n + 8
n= usia anak dalam satuan tahun

Contoh: Terdapat seorang anak yang berumur 9 tahun , ia memiliki berat badan 30 kilogram. Apakah berat badan anak tersebut sudah dapat dikatakan ideal??
Jawaban : 2. (9) + 8 = 18+ 8 = 26 kilogram.
“Artinnya berat badan anak tersebut melebihi angka ideal dari berat badan ideal yang seharusnnya”



3. Cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus Brosca

- Untuk pria :
Berat badan ideal = (Tinggi badan – 100) – [(Tinggi badan -100 )x 10%]

Contoh: Andi adalah seseorng yang berumur 23 tahun, ia memiliki tinggi badan 168 cm dan berat badan 70 kilogram. Apakah Andi dapat dikatakan sebagai seeorang yang memiliki berat badan ideal???
Jawaban:
Berat badan ideal Andi = (168-100) – [(168-100)x 10%]
= (68) – [(68) x 10%]
= (68) – [6,8]
= 61,2
= 61 kilogram
“Jadi dapat dikatakan jika berat badan Andi melebihi berat badan ideal yang seharusnnya”

- Untuk wanita:
Berat badan ideal = (Tinggi badan – 100) – [(Tinggi badan -100 )x 15%]

Contoh: Denita adalah seorang wanita yang berumur 19 tahun, ia memiliki tuinggi 155 cm dan berat badan 47 kilogram. Apakah ia dapat dikatakan sebagai wanita yang memiliki berat badan yang ideal???
Jawaban:
Berat badan ideal Denita = (155-100) – [(155-100) x 15% ]
= (55) – [(55) x 15% ]
= (55) – [8,25]
=46,75
= 47
“Jadi dapat dikatakn jika Denita memiliki berat badan yang ideal seseuai dengan perhitungan yang telah dilakukan.”



Tips mendapatkan berat badan yang ideal
Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal, selanjutnnya saya akan memberikan beberapa tips agar dapat mendapatkan berat badan yang ideal secara alami. Berikut adalah tipsnya:

1. Menjaga asupan makanan dengan baik
Untuk menjaga badan tetap ideal kita harus mempertimbangkan segala makanan dan minumannya dengan baik. Kaerena bagi seseorang yang ingin mendapat berat badan yang ideal hal ini menjadikannya suatu syarat untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Menjaga asupan makan disini artinnya kita harus dapat memilih makanan-makannan yang bergizi dan seimbang. Dimana seimbang itu sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna yang telah kita ketahui sejak lama.



2. Rutin berolahraga setiap minggunnya
Olahraga yang rutin dapat membuat adanya suatu kestabilan pada berat badan tubuh seseorang. Dengan berolehraga kita akan berkeringat yang akan membuat badan kita tetap hangat dan segar. Hal ini menandakan jika kita sehat, dan dari sehat inilah berat badan yang idealpun dapat tercapai.

3. Beristirahat yang cukup
Beristirahat yang cukup juga merupakan salah satu syarat untuk mencapai berat badan yang ideal atau sesuai dengan apa yang diinginkan. Dimana jika kita kurang beristirahat tubuh kita akan merasa lelah dan lesu yang membuat segala aktivitasnnya tidak adapat dilaksankan dengan baik. Olahraga dan makanpun dapat terganggu dan tidak berjalan dengan baik.

4. Selalu berfikir positif
Berfikir positif menandakan jika seseorang tersebut memiliki suatu pandangan yang cerah. Berfikir positif sangat dianjurkan didunia kesehatan, mengingat dengan selalu berfikir positif, pikiran kita akan selalu baik dan terhindar dari stress. Dimana stress itu sangatlah mengganggu aktivitas kita sehari-hari yang membuat segalannya manjadi kacau.


5. Jangan bermalas-malasan setiap waktu
Bermalas-malasan bukan suatu hal yang baik, malahan hal ini harus dihindari agar segala aktivitas berjalan dengan lebih baik lagi. Dimana jika kita hanya bermalas-malasan setiap waktu tubuh kita tidak bekerja dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kita menjadi tidak sehat dan terganggu berbagai penyakit tubuh.



Bagaimana teman-teman setelah kalian membaca berbagai cara dan tips untuk mendapatkan berat badan yang ideal?? Saya berharap postingan ini dapat bermanfaat dan dapat menginspirasikan semuannya agar selalu menjaga tubuhnnya dengan baik dan teratur. Cukup sekian postingan kali ini, terimakasih.......................

1 comment:

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...