loading...

Monday, April 29, 2019

5 MACAM PENYAKIT PADA MATA YANG MUNGKIN DIDERITA OLEH ANDA (CEK INFONYA)



Mata itu merupakan bagian dari alat indra manusia yang berfungsi mengantarkan suatu impuls atau rangsangan ke pusat saraf. Dengan adanya mata semua manusia dapat melihat berbagai kondisi yang ada didunia ini. Sehingga setiap manusia diharapkan harus selalu bisa menjalankan kehidupan ini dengan lebih baik, karena jika bukan manusia siapalagi yang akan menjaga dan melestarikan kehidupan alam ini menjadi lebih baik lagi.

(Sumber Foto: jakrecords.blogspot.com )

Alat indra yang satu ini sangat berharga bagi kita semua, karena tanpa adanya alat pengelihatan ini, segala aktivitas tidak akan berjalan dengan lancar. Dimana mata yang kita miliki ini dapat mengamati, mengenal berbagai keanekaragaman bentuk benda, warna benda, dan lain-lain sebagainya. Hal ini haruslah disyukuri, karena tanpa melihat alam sekitar, kita tidak dapat menjalani dan melangsungkan hidup dengan baik. Cara mensyukuri keadaan tersebut dilakukan dengan cara selalu menjaga mata agar tetap sehat, dan berusaha menghindari segala sesuatu yang dapat merusak mata kita. Artinya kita harus menjaga dengan membatasi segala hal yang dapat merusak mata kita. Oleh karena itu, sering sekali terjadi berbagai penyakit yang mungkin dirasakan oleh seseorang. Berikut ini adalah macam-macam penyakit pada mata yang mungkin terjadi pada anda:

1. Mata merah
Mata merah adalah sebuah penyakit mata yang dapat disebabkan oleh kuman atau bakteri. Kuman dan bakteri dapat berada didalam tubuh kita tanpa disadari, karena masih banyak yang menganggap jika lingkungannya itu sudah cukup sehat dan bersih. Padahal jika kita lihat-lihat lagi, masih sangat banyak kotoran yang berserakan, mulai dari sampah maupun debu. Dimana jika dalam suatu lingkungan tempat anda tinggal sangat kotor, penyakit ini mungkin dapat menimpa anda. Oleh karena itu, setiap orang selalu diharapkan dapat menjaga lingkungan sekitarnnya tetap sehat dan bersih. Jadi penyakit ini janganlah anda sepelekan, karena bisa jadi penyakit ini bertambah parah. Sehingga anda harus melakukan pertolongan pertama pada diri anda dengan cara membersihkan mata anda, atau menetesinnya dengan obat mata.

2. Katarak
Katarak merupakan suatu penyakit mata yang dapat disebabkan oleh pengapuran lensa mata. Penyakit katarak ini umumnnya diderita atau dirasakan oleh seseorang yang telah lanjut usia. Penyakit ini juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin B2. Sehingga dari hal ini dapat menyebabkan mata seseorang terasa keruh dan tidak jelas. Perasaan akan kekeruhan tersebut menjadikan seseorang tersiksa dan tidak merasa nyaman. Hal ini membuat seseorang tersebut sulit menjalani aktivitasnnya dengan lancar. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga segala kesehatan kita agar kandungan gizi atau kesehatan didalam tubuh kita tetap terjaga. Selain itu juga, jika mata merasa sangat sakit atau terganggu anda harus mengunjungi dokter untuk memeriksakan keadaan mata anda.

3. Trachoma
Trachoma merupakan suatu penyakit pada mata yang dapat dialami oleh seseorang. Penyakit ini biasannya disebabkan oleh kuman, sehingga tidak menutup kemungkinan mata merah pun merupakan gejala terjadinnya penyakit Trachoma. Dengan adannya kuman yang menimpa mata anda, dapat mengakibatkan kelopak mata bagian dalam anda timbul banyak bintik-bintik, bahkan hingga berair. Penyakit ini janganlah anda sepelekan karena penyakit ini bisa jadi menular pada semua orang yang ada pada lingkungan anda. Oleh karena itu semua orang haruslah menjaga tubuhnya agar tetap vit, sehingga dapat terhindar dari penyakit menular. Jadi penderita penyakit ini wajiblah ke dokter untuk mengatasi masalah penyakit Trachoma ini.

 Baca juga: 6 Macam Kelainan Pada Mata Yang Dapat Mengganggu Aktivitas Anda.

 
4. Rabun senja
Rabun senja atau disebut juga rabun ayam merupakan suatu penyakit yang terjadi pada mata. Penyakit ini biasannya disebabkan karena kekurangan vitamin A didalam tubuh. Sesuai dengan namannya, penyakit ini tidak dapat melihat jika waktu mulai senja atau malam. Bila keadaan ini tetap dibiarkan secara berkelanjutan akan mengakibatkan mata bertambah parah. Dimana dapat memunculkan penyakit lainnya seperti penyakit Xerophtalmia, Keratomasi (Rusaknnya korena), terbentuknnya bintik putih pada Korena atau bintik bilot, dan bahkan mengakibatkan kebutaan. Hal ini sangat disayangkan jika kita tidak mempedulikan keadaan kita sejak awal. Dimana sejak awal seharusnnya kita tetap menjaga, daripada akhirnnya kita harus mengobati dengan waktu yang sangat lama.

5. Xerophtalmia
Xerophtalmia adalah suatu penyakit yang terjadi pada mata yang biasannya disebabkan oleh kekurangan vitamin A yang ada pada tubuh seseorang. Kekurangan Vitamin A secara terus menerus menandakan jika kita tidak sehat, terutama kesehatan pada mata. Karena Vitamin A merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh pada kesehatan mata anda. Seseorang yang mengalami Penyakit Xerophtalmia ini merasa adannya gangguan pada mata karena selaput kornea mata mulai mengering. Pengeringan ini biasannya disebabkan karena kurangnnya vitamin A. Sehingga Vitamin A haruslah diperhatikan dengan baik.


Semua penyakit-penyakit ini janganlah disepelekan oleh kita, karena jika kita terlalu menyepelekan gangguan yang dirasakan mata, hal ini dapat menyebabkan kebutaan pada mata. Oleh karena itu menjaga lebih baik dari pada harrus mengobati, keadaan lingkungan juga harus tetap diperhatikan. Saya juga berharap semoga semua orang tetap sehat dan dapat menjalankan segala aktivitasnnya dengan baik.

Informasi ini saya ambil dari sebuah buku, mohon maaf jika adanya kekurangpahaman atas penjelasan yang saya berikan.
Terimakasih....................

1 comment:

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...