loading...

Sunday, June 2, 2019

Definisi Pendapatan Nasional Secara Umum dan Menurut Para Ahli, Konsep atau Rumus Yang Berkaitan Dengan Pendapatan Nasional, Serta Contoh Soal Hitungan Dari Konsep Atau Rumus Pendapatan Nasional.



A. Definisi Pendapatan Nasional Secara Umum
Pendapatan nasional atau  deviden nasional adalah keseluruhan barang dan jasa dengan menggunakan nilai satuan uang yang dihasilkan pada periode perekonomian tertentu yang diterima oleh warga negara. Dimana pendapatan nasional ini bisa berasal dari empat faktor produksi, yaitu tanah, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan. Sehingga dengan semua ini diharapkan segala kegiatan perekonomian dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian regionl dan pendapatan nasional.





B. Definisi Pendapatan Nasional Menurut Para Ahli
1. Alfred Marshall
“Pendapatan Nasioanal atau Deviden Nasional adalah tenaga kerja dan modal dari suatu negara yang mengolah sumber alamnnya untuk memproduksi sejumlah “netto” komoditi, baik material dan immaterial, termasuk jasa dan sejenisnnya."

2. Arthur Cecil Pigou
Pendapatan Nasional sebagai “Bagian dari pendapatan objektif masyarakat, termasuk pendapatan yang berasal dari luar negeri, yang dapat diukur dalam uang.”

3. Irving Fisher
“Pendapatan nasional yang hakiki adalah hasil neto yang langsung dikonsumsi tahun ini juga.”









C. Konsep Atau Rumus Yang Berkaitan Dengan Pendapatan Nasional.
Pendapatan nasional yang berhubungan dengan satuan uang tentunnya memiliki rumus karena berhubungan dengan perhitungan. Oleh karena adanya berbagai rumus, kita perlu mengetahui konsep yang ada sebagai variabel dalam menghitungnnya. Berikut ini berbagai konsep yang ada pada pendapatan nasional:

a.Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product)
Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan istilah lain dari pendapatan nasional. Produk domestik bruto inilah yang berarti sebgai total nilai barang dan jasa akhir pada suatu perekonomian tertentu dengan dihitung berdasarkan nilai pasar. 

b.Produk Nasional Bruto (Gross National Product)
Produk Nasional Bruto atau PNB adalah produk domestik bruto (PDB) digabung dengan pendapatan neto terhadap luar negeri. Jadi segala masyarakat indonesia diluar negeri dan masyarakat indonesia diluar negeri digabungkan. Sedangkan, masyarakat luarnegeri di Indonesia tidak digabungkan dalam perhitungan ini. Jadi, pada Produk Nasional Bruto hanya dihitung total output warga negara saja.

c.Produk Nasional Neto (Net National Product )
NNP = GNP – (Penyusutan + Barang penganti modal)

d.Pendapatan Nasional Neto ( Net National Income )
NNI = NNP – Pajak tidak langsung + subsidi

e.Pendapatan Perorangan (Personal Income)
PI = NII + Transfer payment – ( laba ditahan + iuran asuransi + iuran jaminan sosial + pajak perseroan )

f.Pendapatan Disposbel atau Setelah Pajak ( Disposable Income)
Disposable Income = PI – Pajak Penghasilan

g.PDRB (Produk Domestik Regional Produk )
Produk Domestik Regional Produk  adalah jumlah dari seluruh nilai tambah bruto. Nilai tambah ini tentunnya berasal dari berbagai kegiatan ekonomi yang telh terjadi pada periode tertentu.


Itulah berbagai konsep yang berhubungan dengan pendapatan Nasional. Konsep tersebut sudah berurutan. Karena misalnnya saja jika kita ingin mencari Disposable Income (DI) gtentunnya kita harus mengetahui Personal Income (PI)nya. Dimana untuk mendapatkan PI juga harus mengetahui terlebih dahulu Net National Income (NNI) nya dan seterusnnya. Hal ini menandakan jika antara konsep yang satu dengan konsep yang lainnya sangatlah berkaitan untuk mendapatkan hasil yang tepat. Contoh soalnnya misalnnya:

Contoh Soal
Diketahui sebuah negara memiliki data (dalam miliar) sebagai berikut:
- Produk Nasional Bruto = Rp. 321,00
- Dana Sosial = Rp. 23,00
- Penyusutan = Rp. 42,00
- Iuran asuransi = Rp. 26,00
- Barang pengganti modal = Rp. 52,00
- Iuran Jaminan sosial = Rp. 68,00

Berdasarkan data diatas, hitunglah Produk Nasional Neto (Net National Product = NNP )nya!!!
Jawab:
NNP = GNP – (Penyusutan + barang pengganti modal )
Diketahui : GNP =RP.312,00
Penyusutan = Rp. 42,00
Barang pengganti modal = Rp. 52,00
Ditanyakan: Produk Nasional Neto (Net National Product)???
NNP= GNP – (Penyusutan + barang pengganti modal )
= 312 – (42+52)
= 312 – (94)
NNP = 218

Jadi, Produk Nasional Neto atau NNP negara tersebut adalah Rp. 218,00 (dalam miliar)
Contoh tersebut hanyalah contoh sederhana, mungkin kalian saat ini akan menerima soal yang lebih sulit lagi darisoal ini. Oleh karena itu carilah berbagai contoh soal untuk meningkatkan kebiasaan kalian dalam mengisi atau berlatih soal tentang pendapatan nasional. Selain itu juga saya mengharapkan anda hafal semua konsep dari pendapatan nasional ini. Sehingga saat akan melaksanakan tes akan merasa lebih mudah dan lancar. Cukup sekian postingan yang dapat saya sampaikan.

..........TERIMAKASIH..........

2 comments:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...