loading...

Wednesday, April 10, 2019

SOAL SEJARAH INDONESIA (KELAS 11 BUKU PAKET ERLANGGA HALAMAN 309).

SOAL SEJARAH INDONESIA
(KELAS 11 Buku Paket Erlangga Halaman 309)




1. Tuliskan kembali dengan kata-kata anda sendiri proses pembentukan sistem Parlementer pada masa awal kemerdekaan?
Jawaban:
Sistem Parlementer merupakan perpindahan dari sistem presidensial. Proses pembentukan sistem pemerintahan Parlementer pada masa awal kemerdekaan didasari dari ajuan Sultan Sjahrir mengenai sistem presidensial yang sudah melanggar UUD,  dan menghianati nilai-nilai demokrasi . Menurut Sjahrir pula, bahwa selain karena kekuasaan Presidensial yang terlalu besar, sistem Parlementer lebih diyakini sebagai  sistem yang lebih cocok untuk kondisi Indonesia yang memiliki beragam ideologi, paham, serta pandangan politiknya. Sistem Presidensial juga dianggap bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 28 yang menjamin kebebasan berserikat, berkumpul, serta mengeluarkan pikiran dan pendapat. Sehingga dengan hal ini langkah pertama Sjahrir adalah membentuk serta memperkuat lembaga legislatif atau parlemen. Namun karena DPR/MPR belum ada, Jadi Sjahrir mendorong untuk meningkatkan fungsi KNIP. Semua ini membuat Sultan Sjahrir menjadi ketua BP-KNIP. Serta membuatnya dapat mewujudkan cita-citanya untuk mengubah sistem Presidensial menjadi sistem Parlementer.



2. Apa alasan Soekarno membentuk Partai Tunggal pada masa awal kemerdekaan?
Jawaban:
Alasan Soekarno membentuk Partai Tunggal pada masa awal kemerdekaan adalah, karena menurutnya dengan kekuasaannya dalam sistem Presidensial negara ini, harus mendeklarasikan Partai Tunggal, yaitu Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan alasan, bahwa Indonesia yang baru saja merdeka masih rawan dengan pemberontakan, baik dari pihak dalam negeri maupun ancaman invansi dari luar. Karena itu dibutuhkan satu partai yang dapat menyatukan seluruh elemen bangsa.

3. Apa alasan dasar Sultan Sjahrir memilih dan mendorong pembentukan atau pemberlakuan sistem pemerintahan Parlementer?
Jawaban:
Alasan mendasar Sultan Sjahrir memilih dan mendorong pemberlakuan sistem pemerintahan Parlementer karena Sultan Sjahrir mengenggap dengan adanya sistem pemerintahan Presidensial hanya memberatkan presiden saja. Dimana dengan begini Sistem Demokrasi dapat hilang atau tidak berperan lagi. Sehingga sistem pemerinthahan ini dianggap tidak cocok dan lebih cocok menggunakan sistem Pemerintahan Parlementer.


Baca juga: SOAL LATIHAN SEJARAH INDONESIA TENTANG NASIONALISME KELAS 11 SMA


                                     ( id.wikipedia.org )                        ( histori.id )


4. Bagaimana sikap anda sendiri terkait dengan pandangan dari kedua tokoh diatas?
Jawaban:
Sikap saya terkait dengan pandangan dari kedua tokoh yaitu Soekarno dan Sjahrir sebenarnya bagus dan baik saja. Karena kedua tokoh tersebut sama-sama ingin mewujudkan negara yang makmur dan ingin agar negaranya berjalan dengan baik. Dengan adanya pandangan dari kedua tokoh tersebut membuat terdapatnya kebebasan mengeluarkan pikiran atau pendapat yang mendorong agar tidak terjadinnya konflik. Karena dengan adanya kebebasan dalam mengeluarkan pikiran atau pendapat, masyarakat yang beragam ini akan saling berusaha untuk mencapai kesepakatan bersama atas berbagai pandangan.

5. Sultan sjahrir dikabarkan merupkan salah satu tokoh yang sangat menentang Fasisme. Apa itu Fasisme?
Jawaban:
Fasisme adalah ideologi yang bergerak secara tegas dan absolut, lebih seperti sistem kepemimpinan yang karismatik dan mengedepankan militerisme., karena paham fasisme ini hanya menjadikan para pengikutnya sebagai alat untuk mencapai tujuan utama gerak Fasisme tersebut.

No comments:

Post a Comment

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...