loading...

Saturday, April 20, 2019

CONTOH DRAMA 8 ORANG TENTANG ANAK SEKOLAH (TERBARU!!!!!)

Contoh Drama 8 Orang Terbaru Tentang Anak Sekolah

Pada Blog kali ini saya ingin mencoba membuat sebuah naskah Drama. Naskah drama ini saya buat, tentang anak sekolah. Drama ini terdiri atas 8 orang. Mungkin naskah ini dapat dipakai untuk suatu keperluan sekolah. Mohon maaf atas naskah yang kurang baik dari struktur dan kata-katanya. Terimakasih.



bytdrama.com



Perubahan Dari Suatu Kesalahan



Salwa (Tokoh Utama/ Siswa 1)
Ibu Rani (Ibu dari Salwa)
Ibu Widia (Guru sekolah)
Rusdi (Ketua Kelas/ Siswa 2)
Gani (Siswa 3)
Eki (Siswa 4)
Naya (Siswa 5)
Layla (Siswa 6)

Situasi 1
Pada suatu ketika disebuah SMA Harapan Jaya seorang guru akan mengajar dan memulai kelasnya. Namun disamping itu terdapat seorang murid yang bernama Eki terlambat untuk memasuki kelas.
Ibu Widia        : “Selamat pagi anak-anak.”
Para siswa       : “Pagi bu....”
Salwa              : “Maaf bu agak telat, barusan abis dari WC” (Sembari salam)
Layla               : “Maaf juga ya bu, tadi saya abis sarapan pagi dulu di kantin. Karena biasannya perutku suka sakit kalo tidak makan pagi”
Ibu Widia        : “Baiklah, Sekarang silahkan Rusdi untuk memimpin doa terlebih dahulu.”
Rusdi               : “Sebelum belajar marilah kita berdoa sesuai dengan kepercayaannya masing-masing, berdoa dimulai.”
Rusdi               : “Berdoa selesai”
Ibu Widia        : “Bagaimana tugas yang ibu berikan sudah selesai?!”
Naya                : “Sudah bu.” (yang menjawab hanyalah Naya)
Ibu Widia        : “Loh.. hanya Naya saja??Rusdi kamu juga belum??”
Rusdi               : “Belum bu...”
Ibu Widia        : “Yang baru dateng tadi, sudah??”
Layla               : “Maaf belum bu..”
Salwa              : “Aku belum pak, eh maksudku ibu”
Semua anak     : “Hehehehehe” (Menertawakan)
Ibu Widia        : “Ya ampun... anak-anak jaman sekarang memang malas-malas yaa”
Gani                : “Tidak bu saya lupa, jadi saya tidak mengerjakannya”
Ibu Widia        : “Pokoknya ibu sangat kecewa dengan kalian saat ini, kalian hari ini harus menyelesaikan tugas dari ibu dan kumpulkanlah di meja ibu! Mengerti??!”
Eki                   : “Assalammualaikum, maaf ibu saya kesiangan”
Ibu Widia        : “Waduh, keluar kamu!”
Eki                   : “Maaf bu, tadi sa..”
Ibu Widia        : “Keluar!”
Eki                   : “Tapi bu..”
Ibu Widia        : “Keluar!!!! Kalian memang dasarnya malas ya. Pokoknya tugas ini ibu titipkan ke Rusdi, dan hari ini wajib dikumpulkan di meja ibu!!”

Situasi 2
Salwa              : “Bagaimana sih Naya kok kamu bilang ke ibu Widia kalo kamu sudah? Eki lagi kesiangan”
Layla               : “Iya nih biar apa sih, cari masalah saja. Ini masih pagiii loh”
Naya                : “Maaf teman-teman tapi kan aku kira kalian juga udah”
Layla               : “Ya ga bisa donk kaya begitu, kamu nanya dulu ke kita-kita. Jangan sombong karena kamu udah”
Naya                : “Ya orang kaliannya datang jam 7 kan, aku harus bilangnya kapan?”
Eki                   : “Nah.. Dengar? kalian juga datang jam 7, kenapa salahin aku? Kalian juga datangnya hampir telat kan?”
Salwa              : “Aduh yang penting aku gak kesiangan kali? Dari pada kamu”
Layla               : “ Kalo salah ya salah saja!”
Eki                   : “ Heh.. “
Rusdi               : “Sudah-sudah jangan bertengkar! Kalo kalian kaya begini terus, aku laporin saja ke Ibu Widia”
Salwa              : “Eh.. jangan-jangan.”
Rusdi               : “Makannya kalian itu kerjain tugas dari ibu Widia sekarang, jangan kebanyakan ngomong”
Layla               : “Iya-iya, dasar ketua kelas!”

Seluruh siswa sesegera mungkin mengerjakan tugas yang diberikan oleh Ibu Widia. Namun kareana Layla dan Salwa sangat malas, ia meminta agar catatan Naya dapat dipinjam oleh mereka.
Layla               : “Naya... Pinjam ya temanku yang baik dan cantik (Berkata dengan lemah lembut)”
Salwa              : “Iya Nay biar kamu tambah cantik kaya Cinderella”
Naya                : “Hmm, iya tap..”
Salwa              : “Terima kasih temanku, sahabatku, cantikku, terimakasih banget. Semoga apa yang kamu inginkan tidak terkabul ya!”

Situasi 3
Gani                : “Di aku udah nih”
Rusdi               : “ Okey, yang sudah mana? Mau aku kumpulin sekarang”
 Eki                  : “Nih..Nih..Nih.. selesai juga akhirnya”
Layla               : “Nih selesai Bapak KM ku”
(Seluruh siswa telah mengumpulkan tugas tersebut kepada ketua kelasnya)
Rusdi               : “Okey aku kumpulin sekarang ya..”
Eki                   : “Siap Bos....”


Situasi 4
Rusdi               : “Assalammualaiku bu”
Ibu Widia        : “Waalaikum salam, Oh Rusdi silahkan masuk”
Rusdi               : “Baik bu, aku mau ngumpulin tugas-tugas dari siswa dikelas”
Ibu Widia        : “Oke terimakasih Rusdi. Pokoknya ibu tidak ingin jika hal seperti ini terulang lagi!!”
Rusdi               : “Baik bu..”
Ibu Widia        : “Iya begitu, karena jika kalian seperti itu lagi ibu akan memberikan keterangan dari sekolah jika kalian tidak berprilaku baik”
Rusdi               : “Iya bu maafin anak-anak dikelas ya bu...”
Ibu Widia        : “Iya rud”


Situasi 5
Keesokkan harinya Rusdi telah mengumumkan pesan dari ibu Widia, Hal ini membuat seluruh siswa dikelas sangat takut dan merasa tegang terhadap guru tersebut.
Ibu Widia        : “Selamat pagi anak-anak”
Semua anak     : “Pagi bu...”
Ibu Widia        : “Oke hari ini ibu akan memberikan tugas kepada kalian. Tugasnya yaitu kalian harus menggambar peta wilayah Indonesia. Silahkan kalian mulai menggambar, dan dikumpulkan hari ini!!”
Semua anak     : “Baik bu..”
Ibu Widia        : “Okey nanti Rusdi tinggal simpan saja ya di meja ibu. Sekarang ibu sedang aja keperluan mendadak. Terimakasih”
Gani                : “Maaf bu, apa untuk besok ada tugas yang harus dikumpulkan?”
Ibu Widia        : “Ohh iya ibu lupa, silahkan kalian kerjakan semua latihan yang ada pada buku LKS ini. Kalian masih ingatkan jika 2 bulan lalu ibu sudah pernah mengingatkan itu. Jadi siapapun yang belum selesai inget saja ya kosekwensinya.”
(Ibu Widia meninggalkan kelas. Siswa-siswi didalam kelaspun langsung berbincang-bincang mengenai tugas yang diberikan oleh Ibu Widia)
Salwa              : “Aduh-aduh sok rajin banget kamuuuu,, Kita ini jadi tambah sibuk karena kamu”
Gani                : “Ya ampun, kok yang disalahi aku si”
Naya                : “Iya kok yang disalahi malah si Gani, dia kan baik mengingatkan kepada kita”
Layla               : “Bukannya si Gani itu pemberi beban kepada kita ya, Beban kita beratnya emang berat banget, kaya angkat rumah pake satu tangan.”
Gani                : “Kok aku??, pemberi beban terberat adalah diri kamu sendiri. Yang kalo kata ibu Widia MALAS tuh”
Salwa              : “Oh gitu?? Jadi kalian mau nulisin tugas LKS aku sampe selesai?
Naya                : “Enak saja, kerjain aja sendiri”
Salwa              : “ Eh kok kamu malah gitu sih? Akukan ke si Gani”
Naya                : “Aku masih denger kok kalo kamu bilang “Kalian” artinya itu bertuju ke kita semua lah”
Salwa              : “Aduhh kalian Cuma pusingin aku aja, bebanku banyaknya kebangetan tau gak???, aku tuh mau ngerjain tugas, mau main game, pulang sekolah hrus piket, dirumah belum sapu rumah lagi..”
Rusdi               : “Sudah-sudah kerjakan tugasnya!!”
Layla               : “Iya-iya-iyaaaa, terserah kalian aja deh.”


Situasi 6
Dirumah, Salwa hanya bermalas-malasan. Karena iya yakin jika temannya tidak akan selesai mengerjakan tugas-tugasnya.
Ibu Rani          : “Hey Dek kok kamu main Hp saja”
Salwa              : “Iya bu, bebanku sangat berat sehingga sekarang aku sangatlah lelah. Ibu aku pengen dipijat, Kaki ku sangat pegal dan sakit”
Ibu Rani          : “Dek kamu sakit?”
Salwa              : “Sepertinya iya bu”
Ibu Rani          : “Sakit apa Dek?, kamu jatuh?? Ayo kita ke dokter”
Salwa              : “Gak papa ko bu, Cuma merasa seperti sakit karena beban banyak gitu bu. Apa ini yang dinamakan beban??”
Ibu Rani          : “Hah, gimana dong dek, apa kamu mau ke dokter??”
Salwa              : “Gak usah bu, kayanya dengan main hp, dan istirahat yang cukup Salwa pasti sembuh”
Ibu Rani          : “Hah... Jangan main hp dong”
Salwa              : “Udah deh bu, Salwa ngerasa capek banget, terbebani..........banget. Segala gak boleh. Salwa Cuma bercanda kok bu. Salwa gak sakit”
Ibu Rani          : “ohhh kirain kamu sakit. Ya sudah lah, terserah kamu saja”

Situasi 7
Keesokan harinya dengan hati yang masih merasa senang Salwa tetap santai. Ia selalu berfikir positif jika teman-temannya belum mengerjakan tugasnya, karena tugasnnya sangatlah banyak.
Salwa              : “Pagi guys..., waduh lagi pada sibuk nih, Wah si Gani belum selesai yaaaaa, kirain udah.”
Gani                : “Aku tinggal 1 nomor lagi kok”
Salwa              : “WOW, anak rajinn ceritanya, Lay- Lay kamu belumkan Lay?
Layla               : “Aku udah,hehehe. Emangnya kamu belum ?”
Salwa              : “APAAA??! Kamu udah??, kok aku ga percaya  ya?? Ya berarti kita sama-sama yaa” (Salwa menyangka jika Layla hanya berpura-pura)
Layla               : “Iya kita tenang aja kan, hehehehe” (Tidak mengetahui yang sebenarnnya)


Situasi 8
Bel pelajaranpun berbunyi dan akan dimulai. Ibu Widia segera memasuki kelas.
Ibu Widia        : “Assalammualaikum. Selamat Pagi semuannya, sesuai dengan perkataan ibu kemarin, hari ini akan ada pemeriksaan buku LKS. Okeyy!!!”
Rusdi               : “Iya bu”
Ibu Widia        : “Oke Ibu akan absen ya. Eki?? Kamu udah?
Eki                   : “Dikit lagi bu”
Ibu Widia        : “Hmmm, ya sudah masi Ibu maafkan, karena kamu ada usaha. Silahkan simpen dimeja..”
Eki                   : “Terimakasih bu... Maaf yaa bu “
Ibu Widia        : “Gani???”
Gani                : “Sudah bu...”
Ibu Widia        : “Layla??”
Layla               : “Sudah bu...”
Ibu Widia        : “Naya??”
Naya                : “Sudah selesai bu”
Ibu Widia        : “Rusdi??”
Rusdi               : “Siap, sudah bu”
(mendengar semua ini Salwa sangat takut dan merasa kedinginan akibat ketakutannya itu)
Ibu Widia        : “Salwa??”
Salwa              : “Ibu.. aku belum selesai”
Ibu Widia        : “Tidak papa ibu masi maaf kan yang penting kamu sudah mencoba mengerjakannya”
Salwa              : “I-I-I-Iya buu.” (Salwa kedepan dan menunjukkan bukunya yang kosong itu)
Ibu Widia        : “Sudah sampai halaman berapa Salwa??”
Salwa              : “Halam-Halam-Halaman “
Ibu Widia        : “waduhhhhhhhh!!!! Ini anak yang gawat sekali.., Salwa belum sama sekali. Kamu harus ikut ke ruang ibu sekarang!!!!
Salwa              : “Tapi bu....kata ibukan aku udah ada usaha” (sambil menangis)
Ibu Widia        : “Ayo anak nakal sini.... cepattt”
(Salwa hanya diam saja sambil menangis)
Ibu Widia        : “Yehh ini anak nakal sekali sangat bandel. Ayo ibu tarik nihh”
Salwa              : “Ibu maaaffff..., ibuuu” (Sambil menangis)


Situasi 9
Ibu Widia        : “Duduk kamu!!!, Ibu akan kasih surat pernyataan untuk orang tua kamu, Orang tua kamu harus datang. Apa alasan kamu tidak mengerjakan LKS ini sama sekali.??”
Salwa              : “Ibu maafkan aku, so..soalnya aku sakit kemarin”
Ibu Widia        : “sakit apa, hah??, kalo gitu ibu akan menelpon ibu kamu untuk kepastiannya”
Salwa              : “Ta-tapi bu...” (dengan suara pelan)
Ibu Widia        : “Assalammualaikum, dengan ibunya Salwa?”
Ibu Rani          : “Waalaikumsalam, iya benar ada apa ya bu??”
Ibu Widia        : “Maaf bu saya mau bertanyaa, apa benar Salwa kemarin sakit???”
Ibu Rani          : “Tidak bu, saya sudah tanya, katanya sehat-sehat aja bu, ada apa ya??”
Ibu Widia        : “Yang benar bu??”
Ibu Rani          : “Hmm, iya bu. Ehh kemarin si, anak saya Cuma bilang sakit karena beban. Tapi saya tidak mengerti maksudnya. Karena ia hanya bermain HP saja untuk menghilangkan perasaan bebannya itu”
Ibu Widia        : “Waduhh.. gini bu, Salwa itu sangat malas. Sampe-sampe tidak mengerjakan seluruh tugasnnya. Dan saya sudah sepakat jika tidak mengerjakan tugas akan saya beri surat keterangan berprilaku buruk.”
Ibu Rani          : “waduhh sisalwa malas banget, saya tidak percaya. Karena ssaya tau jika ia selalu mengurungkan kamarnya untuk belajar.”
Ibu Widia        : “Wah..bisa jadi dia bohong nih bu”
Ibu Rani          : “Aduhhhh salwaaa, ko bisa ya anakku sampe seperti itu (Sambil menangis)
Ibu Widia        : “Yasudah ibu tenang saja. Saya akan mengatasi hal ini bersalam Salwa agar Salwa tidak melakukan hal yang sama lagi”
Ibu Rani          : “Iya bu... saya malu sekali.”
Ibu Widia        : “Iya terimakasih bu, maaf mengganggu”
(Ibu Widia mematikan telopon itu dan langsung bertanya kepada Salwa)
Ibu Widia        : “Salwaaa, apa benar kamu setiap hari hanya bermalas-malasan?”
Salwa              : “Ngg-ngg-ngga bu”
Ibu Widia        : “Yang JUJUR!!”
Salwa              : “Hmm, iya bu” (Tidak berani menatap gurunya tersebut)
Ibu Widia        : “Pokoknya ini surat kasi ke orang tuamu. Dan kamu harus mengisi keterangan ini bahwa kamu tidak akan melakukan hal yang sama lagi. Karena kasihan orang tua kamu sudah membiayaimu sekolah, tetapi kamu masih malas malasan seperti ini. Lihatlah ibu kamu yang merasa dibohongi oleh mu!!”
Salwa              : “Iya bu... aku janji tidak akan mengulangi hal yang seperti ini, dan akan mencoba untuk selalu rajin”
Ibu Widia        : “Janjilah kepada ibumu, jika kamu benar-benar serius ingin merubah diri kamu menjadi lebih baik lagi.”
Salwa              : “ Baik bu, saya akan meminta maaf kepada ibuku karena telah mengecewakan ibu ku”
Ibu Widia        : “ Iya harus seperti itu, pokoknya jangan di ulang lagi. Paham!!??”
Salwa              : “Baikb bu”

Situasi 10
Salwa              : “Ibu....Maafkan aku ibuuu”(Sambil menangis penuh penyesalan)
Ibu Rani          : “Iya anakku, ibu memang kecewa terhadapmu, tapi ibu hanya ingin agar kamu bisa berubah dan tidak mengulang hal yang sama seperti ini lagi”
Salwa              : “Iya bu..aku akan mulai semanagatn dan membangun diriku menjadin anak yang berbakti dan menjadi lebih baik lahi. Aku tidak akan mengecewakan ibu lagi”
Ibu Rani          : “Iya Ibu percaya kepada mu, kamu jangan nangis lagi dong. Yuk kita makan bareng dulu. Sekarang waktunya makan”
Salwa              : “Terimakasih ibuuu...aku sangat menyayangimu” (Sambil memeluk ibunya)

Situasi 11
Keesokan harinya Salwa memulai harinya dengan penuh ceria dan semangat, Salwapun sangat ramah terhadap semua teman-temannya.
Naya                : “Salwa?? Kamu udah dateng??”
Salwa              : “Iya dong, semangat Nay!”
Naya                : “Iya maksih Salwa”
Gani                : “Wahh Salwaa?? Kamuu?? Dateng jam 6?”
Salwa              : “Iya Gan, hehehe harus semangat”
Rusdi & Layla: “Assalammualaikum”
Semua di kelas: “Waalaikumsalam”
Rusdi               : “selamat pagi semuannya”
Salwa              : “Pagi Rusdi”
Rusdi               : “Eh Salwa sudah datang”
Salwa              : “Iya dong.”
Eki                   : “Yess!! Aku gak kesiangan”
Salwa              : “Wahh hebat Eki. “
(Belpun berbunyi, Ibu Widia akanmemasuki kelas. Tetapi ketika akan memasuki kelas. Ia melihat Salwa yang ingin meminta maaf kepada seluruh teman-temannya)
Salwa              : “Teman-teman karena kalian semua sudah datang aku mau minta maaf kepada kalian jika sikapku selalu sombong dan mungkin menyakiti hati kalian semua. Apakah kalian mau memaafi aku??”
Naya                : “Salwaa.. kita semua pasti memaafi kamu kok. Kamu gak usah sedih. Iyakan kawan-kawan??
Layla               : “Iya lah tentu, kita semua ini harus sama-sama berjuang dan bersama dalam suka dan duka. Benarkan??”
Rusdi               : “Iyalah, aku juga berharap sebagai ketua kelas, semoga anak kelas ini selalu memberikan adanya perasaan kekeluargaan yang kuat.”
Salwa              : “wahh terimakasih kawan-kawan ku.”
Gani                : “Iya Salwa”
Ibu Widia        : “Wahh Salwa, Ibu sangat bersyukur, anak didik ibu ingin mencoba untuk berubah. Ibu sangat salut kepadamu”
Salwa              : “Iya terimakasih bu, semua inipun berkat kehadiran ibu dikehidupanku”
Ibu Widia        : “Iya sama-sama Salwa, Tapi yang membuat kamu berubah tentunya dari semanagat juang yang ada didalam diri kamu sendiri” (Sambil memeluknya)
Salwa              : “Iya terimakasih ya bu, dan teman temanku semua”

-SELESAI-


No comments:

Post a Comment

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...