loading...

Monday, June 3, 2019

Macam-Macam Khotbah Yang Biasanya Dilaksanakan (Materi Pendidikan Agama Islam/ PAI Kelas XI SMA Semester Genap)



Khotbah merupakan suatu penyampainan pidato diatas mimbar yang bertujuan mengajak pendengar atau audience untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya terhadap Allah.swt. Pidato yang dilakukan diatas mimbar tersebut tentunnya berisi berbagai kajian yang dapat menyadarkan kita agar dapat berprilaku, berucap hingga bertindak dengan lebih baik lagi.  Artinnya dalam menyampaikan khutbah tentunnya harus sesuai dengan syarat dan rukun islam.



jakrecords.blogspot.com

Penyampaian Khotbah disampaikan oleh seorang khatib. Dimana khatib tersebut tentunnya telah memiliki berbagai pengalaman dan ilmu yang dapat di amalkan pada para pendengarnya. Seorang khatib disini haruslah seorang laki-laki yang balig, berakal, dan sehat. Selain itu juga tentunnya berbagai syarat lainnya haruslah diikuti oleh khatib sebagai syarat untuk menyampaikan pidato diatas mimbar tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam Khotbah yang biasannya dilakukan. Dimana jika dilihat dari keterkaitannya dengan ibadah, khotbah dibagi menjadi beberapa macam. Berikut ini uraian dari  macam-macam khotbah sebagai berikut:

1.Khotbah jumat
Khotbah jumat adalah suatu pidato keagamaan yang biasannya dilaksanakan setiap hari jumat ketika akan melaksanakan ibadah shalat jumat. Dimana ibadah shalat jumat ini tentunnya hanya dilaksakan oleh kaum pria atau laki-laki setiap hari jumat kurang lebih jam 12an. Untuk melaksanakan khutbah pada ibadah shalat jumat, biasannya seorang khatib telah mempersiapkan pidatonnya untuk disampaikan, namun kadang kala jika seorang khatib itu telah memiliki pengalaman dan ilmu yang lebih dalam, khatib itu dapat menyampaikannya dengan lancar tanpa mempersiapkannya dengan matang. Hal ini dilakukan karena khatib tersebut telah berpengalaman menyampaikan pidato dimana-mana, yang membuat segala kondisipun dapat diatasi untuk menyampaikan pidatonnya. 

Berbicara mengenai khotbah jumat, biasannya siswa-siswa sekolah akan diajarkan oleh para guru agamannya untuk mulai belajar dalam menyampaikan khotbah. Hal ini dilakukan, agar kedepannya kita bisa saling mengajak para umat muslim untuk dapat meningkatkan ketakwaannya terhadap Allah.swt. Karena tentunnya berbagi ilmu dan mengajak ke arah yang lebih baik jika kita melakukannya dengan ikhlas dan benar akan mendapatkan keuntungan sendiri. Keuntungan tersebut adalah pahala yang besar yang diberikan oleh Allah.swt. Oleh karena itu kita sebagai seseorang yang masih belajar haruslah bisa menerima dan mengamalkan berbagai ilmu yang telah kita dapatkan melalui berbagai pembelajaran.





2.Khotbah ‘idain
Khotbah ‘idain adalah sebuah khotbah yang dilakukan pada saat berlangsungnnya hari raya atau lebaran, yaitu ketika hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Kurban atau Idul adha. Khotbah ini dilakukan ketika selesai melaksanakan shalat. Berbeda dengan Khotbah jumat, khotbah ini dapat didengar oleh kaum pria maupun wanita. Dimana hal yang terpenting dalam khotbah ini, diharapkan khatib dapat mengajak semua umat muslimin untuk meningkatkan ketakwaannya terhadap Allah.swt. Hukum pelaksanannya sunah dan boleh dilaksanakan sekali khutbah atau dua kali khotbah. Apabila hanya dilakukan dengan satu khotbah, maka setelah menyampaikan isi dari khotbah atau pidatonnya langsung ditutup dengan bacaan doa. Tetapi berbeda apabila dilaksanakannya dengan dua kali khotbah, maka khatib setelah melakukan khotbah perta ma, khatib duduk sebentar, kemudian berdiri untuk melakukan khotbah yang kedua yang isisnnya doa.

3.Khotbah lainnya
Selain khotbah jumat dan khotbah ‘idain ada juga khotbah lainnya. Khotbah lainnya hukumnnya adalah sunah, sehingga khotbah ini tidak mengikat dan menentukan keabsahan jenis ibadah tertentu. Khotbah lainnya ini contohnnya seperti khotbah Istiqa dan khotbah yang dilakukan ketika berakhirnnya akad nikah. Khotbah ini dilakukan tentunnya tujuannya untuk menyadarkan dan meningkatkan tingkat keimanan seseorang menjadi lebih baik lagi. Dimana didalam rukum khotbah terdapat pesan takwa yang berarti menyampaikan pesan keagaman agar dapat menyadarkan pendengarnnya untuk lebih beriman kepada Allah.swt. Hal ini berarti khotbah dapat bermanfaat apabila kita mendengarnya dan memperhatikannya dengan baik dan benar.

Cukup sekian postingan yang dapat saya sampaikan. Saya mengharapkan postingan ini dapat bermanfaat dan dapat menyadarkan setiap orangnnya untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaannya terhadap Allah.swt.




.............................Terimakasih.............................

No comments:

Post a Comment

Cara Mengubah file CSV ke file Bibtex

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi bagaimana cara merubah file csv menuju file bibtex. Di mana biasanya banyak yang c...